Alur Pendaftaran Haji Plus


  • Ayi@annisatravel.com
  • 08 Agustus 2018
Alur Pendaftaran Haji Plus

AnnisaTravel (31/7) Belum banyaknya informasi mengenai tata cara dan alur dalam mendaftarkan diri sebagai jamaah Haji ke tanah suci, tentunya menjadi satu hal yang harus diperhatikan di Indonesia. Terlebih Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin Padalah informasi seputar bagaimana memilih Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK), teknis pendaftaran, sistem pembayaran, dan lainnya dapat membantu perencanaan calon jamaah haji dengan matang.


Baca juga: 10 Keunggulan Haji di Annisa Travel


Menunaikan ibadah haji terbagi atas dua jalur, yakni jalur reguler dan khusus. Yang membedakan keduanya antara lain adalah daftar tunggu, waktu ibadah, fasilitas akomodasi, dan termasuk mengenai biaya. Lalu seperti apakah alur pendaftaran bagi anda yang ingin memilih Haji khusus? Berikut adalah alur pendaftaran haji khusus Annisa Travel :


  1. Calon jamaah dapat mendatangi dan berkonsultasi dengan Annisa Travel sebagai Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang memiliki izin resmi dari Kementerian Agama



  2. Apabila calon jamaah haji telah mendapatkan informasi yang lengkap dan ingin mendaftarkan langsung program Haji Khusus, maka dapat memberikan persyaratan yang dibutuhkan serta setoran awal sebesar USD 4.000 / orang kepada pihak Annisa Travel.



  3. Annisa Travel akan melakukan proses entry data jamaah dengan mengajukan permohonan kepada Kantor Wilayah Kemenag Provinsi, kemudian petugas Annisa Travel akan mengisi formulir SPPH (Surat Pendaftaran Pergi Haji) yang meliputi No. SPPH, No. Pendaftaran dan identitas jamaah, kemudian SPPH tersebut akan di tandantangani dan dicap stempel oleh petugas Kemenag.



  4. Dari kantor wilayah Kemenag provinsi tersebut, SPPH yang sudah ditandatangani dan cap stempel akan dibawa oleh petugas Annisa Travel ke BPS / Bank Penerima Setoran untuk menyetorkan setoran awal Sebesar USD 4.000, dan BPS BPIH akan mengeluarkan bukti BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) setoran awal dan bukti transfer ke rekening BKPH Kemenag RI



  5. Proses registrasi pun selesai, dan jamaah sudah terdaftar sebagai calon jamaah haji khusus di Annisa Travel dan mendapatkan nomor porsi yang tercatat dalam sistem SISKOHAT (Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu) Kementerian Agama



Sambil menunggu jadwal keberangkatan, para jamaah haji Annisa Travel akan tetap mendapatkan pengawalan dan update berkala. Dan kemudian jika telah mendapatkan status berhak berangkat haji yang di umumkan oleh Kemneterian Agama, maka jamaah diharuskan untuk melakukan pelunasan biaya paket haji khusus yang di tetapkan oleh Annisa Travel pada setiap tahun keberangkatan, kemudian jamaah akan diberikan pelatihan / manasik haji dan lainnya hingga waktu keberangkatan jamaah tiba (AA)