Wisata Religi Jadi Andalan Uzbekistan Untuk Ajak Turis Indonesia


  • Eds@annisatravel.com
  • 25 Januari 2019
Wisata Religi Jadi Andalan Uzbekistan untuk Ajak Turis Indonesia

Annisatravel.com - Sahabat Annisa, pernahkah kamu berwisata ke Uzbekistan? Sebuah negara yang sedang mengandalkan wisata religi untuk memikat turis Indonesia. Mereka punya makam ulama dan ilmuwan Muslim terkemuka.


Negara yang termasuk di Asia Tengah tersebut memiliki ragam budaya, sejarah penyebaran Islam, dan berbagai kota tua yang menarik bagi wisatawan Indonesia. 


Bukhara, Samarkand dan Tashkent adalah 3 kota andalan pariwisata. Di 3 kota ini bertaburan masjid bersejarah dan makam ulama legendaris. Apa saja yang ada di sana?


1. Registan Square

Permata yang terletak di jantung kota Samarkand, yang terkenal berkat arsitektur besar yang telah menjadi simbol monumen arsitektur oriental. Bahkan Kota Sarmarkand ini dimasukkan ke dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2001.


2. Hasti Imam Complex

Sebuah pusat kegiataan kegamaan di Tashkent yang berkaitan erat dengan sejarah Islam, seperti madrasah Barak-Khan, masjid Tilla Sheikh, makam Khodja Abu Bakar Kaffa Shashi, Institut Islam Imam Al Bukhari, tempat para dai masa depan menimba ilmu


3. Makam Imam Bukhari

Makam Imam Bukhari negara Indonesia sangat dikenal oleh para pemuka adat dan orang tua di kota Samarkand, karena konon berkat jasa presiden Soekarno lah, makam Imam Bukhari ditemukan dan dibangun hingga menjadi bagus seperti sekarang.


Untuk membuat lebih nyaman perjalanan ke negaranya, Uzbekistan sedang membangun fasilitas yang sesuai bagi muslim traveler. Petunjuk kiblat, musala, tempat wudhu dibangun di banyak tempat. Polisi wisata juga kini sudah tersedia.

Jangan lupa, wisatawan Indonesia sudah bebas visa ke Uzbekistan. Tinggal bawa paspor, kita sudah bisa jalan-jalan di sana. Apakah kamu tertarik pergi ke sana, Sahabat Annisa? (AA)